Re-post: Menahan Sakit Demi Kesempurnaan Trik by Bonprasetio

source: Roda Surya on Friday, August 19, 2011



TAHAN sakit, berkemauan keras dan serius, menjadi tiga hal utama yang dipegang Andry Prasetio (27) untuk mengantarkannya menjadi salah satu master BMX Flatland di Indonesia. Perjuangan panjangnya memberikan buah manis. Andry atau yang dikalangan rider BMX lebih dikenal dengan nama Bonbon menekankan pentingnya sikap serius dan kemauan keras untuk terus berlatih menguasai sejumlah trik. “Kalau memang ingin mahir, sakit harus ditahan dan terus mencoba,” kata Bonbon, Kamis (11/8).



Memfokuskan diri pada kategori flatland sejak 2004, Bonbon tidak hanya menguasai puluhan trik atraksi BMX yang sudah ada. Sarjana Teknik Mesin Institut Teknologi Nasional Malang ini juga jago menambah kombinasi trik. Bahkan penggemar mobil Fiat ini juga mampu menciptakan trik sendiri dan sudah diakui sebagai trik orisinal Indonesia.

Majalah komunitas sepeda BMX Route Eighty, sudah melakukan riset mengenai trik ini dan memastikan trik yang diberi nama Turbin Hichhiker One Foot-One Hand adalah trik orisinal karya flatlander Indonesia. Menurut peraih Juara 1 Best Battle Trick Jatim 2009 ini, trik ini kombinasi dari trik hichhiker yang sudah ada.



Dalam trik yang diciptakannya pada 2006 itu, ia menambahkan beberapa gerakan yang lebih sulit, yakni secara pelan melepaskan kaki kanan pada tumpuan semula dan peg roda depan ganti dipegang dengan tangan kanan, yang membuat posisi tubuh membungkuk layaknya orang memutar turbin. “Dibutuhkan keseimbangan yang bagus untuk melakukan trik ini,” lanjut Bonbon. Sukses dengan trik ini tidak membuat Bonbon puas. Ia kini menyiapkan Lapindo Trick. “Trik ini belum sempurna. Kalaupun sempurna ya kebetulan saja. Dan belum jelas finishnya sebelum landing. Mirip lumpur Lapindo, yang entah sampai kapan selesai,” ucap pemuda dengan tinggi badan 175 cm ini.

Lapindo trick


Selain ahli dalam urusan akrobatik BMX, pemuda yang dibesarkan di Bangil, Pasuruan itu juga mempunyai usaha pembuatan frame BMX dan spare part melalui bendera Rotation Product. Workshop sepeda yang dikelola sejak 2004 bersama dua kawan, Djumadi dan Solikin ini sudah punya nama tenar di kalangan pengemar BMX. Bahkan desain BMX Flatland karya Bonbon yang diberi nama Bonbon Signature sudah terjual ratusan unit dan beredar di seluruh Nusantara. Frame ini juga dipesan oleh penggemar BMX luar negeri, yaitu Kanada, Meksiko, dan Serbia.

 “Bonbon Signature ini murni desain saya, orisinal, dan tidak sama dengan frame yang lain. Mungkin ini yang disuka orang. Selain itu, tentu saja karena ada nama saya di sana. Hahaha,” kata Bonbon diiringi tawa berderai.

Untuk frame Signature Bobon yang berbanderol Rp. 650.000, Bonbon yang mengaku belajar autodidak desain berikut cara perakitan frame sepeda, disamping itu berani memberi garansi seumur hidup jika frame buatannya patah.

Related Post:
Indonesia: Rotation Products - The Flatland Boy frame on http://goo.gl/orO0r8
How To "Hitchhiker One-foot One-hand" with Bonprasetio on http://goo.gl/fRzW2r
Make this more significant:
Previous Next Home